CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

1/18/2009

Chapter 10: Tahun Baru, Dosa Baru?


Suer, bukannya kita nanya yang nggak-ngak sama kamu semua. Tapi kita nanya jujur aja, apa tahun baru kudu bikin dosa baru? Kedengarannya emang nyentil. Tapi ini aseli ngajak kamu mikir. Jadi, berbahagialah kita yang udah dapetin teman baik buat ngajak kita ke jalan yang benar. Dunia dan akhirat pula. Wuih, uenake!

Sobat muda muslim, gejala yang umum ditampakkan oleh masyarakat kita menjelang berakhirnya tahun masehi adalah maraknya pesta penyambutan tahun baru. Semua kalangan merayakannya dengan penuh suka cita. Adik-adik kita, ponakan, paman-bibi, ayah-ibu, kakek-nenek, pokoknye semua merasa kudu merayakan tahun baru. Heboh banget tuh!

Acara wajibأ di malam tahun baru seperti arak-arakkan di jalan raya; baik jalan kaki maupun pake kendaraan bermotor, tiup terompet, dan pesta kembang api udah biasa digelar. Di malam itu, yang ada adalah

kesenangan. Semua larut dalam gempitanya perayaan tahun baru.

Para biduan dangdut ibukota juga menuai untung di malam itu. Ikut merayakan bergantinya tahun dengan menghibur masyarakat lewat tarikan suara dan aksi jogetnya yang bikin jantung kaum Adam deg-deg plas! Ah, pokoke dunia ini kayak bergetar hebat di malam tahun baru itu.

Selain aksi أgila-gilaanأ di malam tahun baru, ada juga yang menyambut tahun baru dengan segudang agenda. Mulai agenda yang baik, agak baik, sampe yang miskin manfaat, bahkan menyesatkan.

Para desainer udah gembar-gembor dua bulan sebelum berakhirnya tahun ini. Mereka membuat model pakaian yang bakalan tren di tahun depan, juga mereka-reka kira-kira model rambut yang kayak gimana yang bisa jadi tren di tahun depan. Para produsen kosmetika juga gencar memamerkan seni tatarias wajah yang oke punya, tentu dengan dukungan kosmetik yang dibuatnya.

Selain para desainer dan produsen kosmetika, yang ikutan heboh kalo menyambut tahun baru begini adalah para dukun dan tukang ramal. Jampi dan mantera mereka dipercaya sebagian besar masyarakat ampuh untuk bekal di tahun depan. Ramalan via kartu tarot, teropong lewat bola kristal, atau cuma dengan melihat garis-garis di telapak tangan langsung kebaca sama para normal perjalanan nasib pasiennya itu. Lengkap dengan trik en tips kalo terjadi sesuatu di kemudian hari.

Para dukun juga sigap mengawal pasien mereka yang meminta tolong kepadanya. Dikerahkanlah seluruh lelembut dari bangsa jin untuk menjadi bodyguardnya. Harapannya, tahun depan keberuntungan selalu menyertainya atas bantuan sang dukun. Duilee.. pede banget minta tolong ama dukun? Kagak salah tuh? Ati-ati yee..!

Belum lagi paranormal yang sok tahu bikin pernyataan tentang masa depan negeri ini dan juga kondisi beberapa negara. Wah, ada-ada aja ya? Aneh bin ajaib emang. Celakanya, banyak yang percaya sama bualannya sang para-normal. Ckckckck.. pada sadar ngapa? Jangan sampe deh tahun baru justru bikin dosa baru. Kagak nyaket tuh di otak! Hehehe…

Hey, ada juga lho yang cuek bebek ama perayaan tahun baru. Mereka anggap biasa aja dan biarkan jalan sendiri. Sayangnya, mereka emang udah dari sononye kagak punya planning: dari hari ke hari, dari minggu ke minggu, dan dari bulan ke bulan nggak ada peningkatan. Wah, kacau banget kan?

Kalo pun mau kan harus-nya pada mulai mikirin gimana masa depan kita. Ini malah kebalik, masa depan mah gimana nanti aja. Hih, amit-amit, pantesan jalan di tempat aja. Kita kan nggak tahu nasib kita di masa depan ya? Itu sebabnya, melakukan yang terbaik itu musti digeber abis-abis-an sebisa mungkin dan secepat mungkin. Biar kagak nyesel di kemudian hari. Jangan sampe baru nyadar kalo ajal udah menjem-put kita. Lagian, kita nggak tahu kan kalo ajal bakalan datang cepat atau lambat. Tul nggak?

BTW, gimana sih hukumnya ngerayain tahun baru masehi, en bagaimana sikap kita seharusnya dalam manfaatin waktu ini? Gimana juga biar nggak tergoda tren-tren yang nggak bener?
Kunjungi link ini untuk lebih jelasnya !

Gaul Islam

1 komentar:

rumah anthares mengatakan...

tdk perlu terlalu anti juga sampai mempoklamirkan "tahun baru haram!" (sorry neh sebelumnya, ada yg ekstim bgt bilang tahun baru masehi haram. tapi dalam kehidupannya toh dia ttp menggunakan penanggalan masehi. what's wrong??) gimana cara kita melihat, menyikapi, dan merayakan.kalo yg kayk kmu tulis, arak-arakan di jalan acara sana sini yang lebih banyak mubazirnya, ya sudah pasti sebaiknya nggak usah. tapi, kalo kita merayakan tahun baru dengan mengevaluasi diri dan merencanakan planing kedepan ato melakuka hal-hal positif lain, sy rasa perayaan tahun baru yg seperti itu sah2 saja u/ dilakukan.

sorry lg comentnya kepanjangan :)


(Ki) Aku/Rio dan (Ka) Gede