CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

3/29/2009

Chapter 26 : TENTANG UNHALU

peta kampus

GAMBARAN UMUM

Universitas Haluoleo > sebagai kelanjutan lembaga pendidikan merupakan salah satu pusat pengembangan kebudayaan bangsa yang menyelenggarakan misi pendidikan tinggi, mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengabdikan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, ilmu kemanusiaan, dan ilmu sosial dalam mewujudkan amanah UUD 1945 agar tercapai peningkatan kualitas manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maju dan sejahtera yang berkeadilan.
Dengan asas Pancasila dan UUD 1945, Universitas Haluoleo mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, ilmu kemanusiaan, dan ilmu sosial, bertekad meningkatkan fungsi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai kegiatan masyarakat Indonesia yang berbudaya, dengan sikap dan ikhtiar merintis, mempelopori dan mengabdikan diri pada pembangunan bangsa dan negara.
Universitas Haluoleo adalah salah satu perguruan tinggi negeri di tanah air yang diresmikan berdirinya pada tanggal 19 Agustus 1981 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 tahun 1981 tanggal 14 Agustus 1981, yang merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional dan pembangunan nasional serta pembangunan daerah Sulawesi Tenggara, menjunjung tinggi martabat manusia dan nilai kemanusiaan yang menganut kebebasan akademik berdasarkan integritas keilmuan, mengandalkan kepakaran serta sadar akan keterkaitan lembaga pendidikan tinggi dengan pihak lain.
Dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi Negeri dan kehidupan masyarakat akademik, kepemimpinan dan pengelolaan Universitas Haluoleo menganut sistem asas kemitraan dan asas fungsional, sehingga kearifan dan keserasian selalu menjiwai karya dan pengabdian warganya.
Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi, Universitas Haluoleo menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta selalu tanggap terhadap perubahan dan perkembangan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

PROFIL SINGKAT

Saat ini Universitas Haluoleo telah memiliki

7 Fakultas dengan penambahan beberapa Program Diploma serta pembukaan Program Pascasarjana. Berdasarkan hasil
"Evaluasi Diri" Program Studi oleh Dirjen Dikti Depdiknas yang disampaikan pada Rapat Kerja Nasional para Pembantu Rektor I, II dan III seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 29 Nopember sd. 1 Desember 2004 di Surabaya, Universitas Haluoleo menduduki ranking ke 15 dari 82 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia.
Universitas Haluoleo pada tahun 2007/2008 diharapkan telah menjadi Universitas yang maju dan modern, setelah adanya persetujuan Bantuan Soft-Loan Pemerintah Indonesia dengan Islamic Development Bank, Jeddah yang realisasinya akan dimulai tahun 2005.
Bantuan tersebut akan digunakan untuk membangun 8 (delapan) gedung baru bertaraf internasional dan merehabilitasi 11 (sebelas) gedung yang ada di Kampus Bumi Tridharma. Bantuan juga akan didukung oleh DANIDA (Denmark) untuk peralatan laboratorium dan politeknik.

VISI, MISI, & TUJUAN

Visi
• Menjadikan Universitas Haluoleo pada tahun 2010 sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang maju dan mandiri.
• Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing pada pasar kerja global
Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut ditetap-kan misi sebagai berikut:
• Meningkatkan kualitas pendidikan/ pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya mempertahankan keberlanjutan pembangunan nasional dan regional.
• Menciptakan suasana akademik (akademik atmospir) yang sehat diantara mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi yang dapat mendorong proses - belajar mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas.
• Mengaplikasikan hasil - hasil penelitian secara luas melalui pengabdian kepada masyarakat.
• Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian sesuai kebutuhan masyarakat.
• Memberikan bantuan keahlian dalam mengidentifikasi masalah pembangunan serta mencarikan alternatif pemecahannya melalui penelitian ilmiah.
• Menyelenggarakan program pasca sarjana S2/S3 dan pendidikan professional.
• Meningkatkan kualitas dosen dan tenaga administrasi melalui peningkatan kualifikasi pendidikan formal dan non formal.
• Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan.
• Membenahi kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan pasar kerja (link and match).
• Mewujudkan suasana akademis yang lebih kondusif dalam rangka menciptakan budaya akademik (academic atmosphere)
• Meningkatkan kemampuan entrepreneurship lulusan
Tujuan
Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan atau menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

SEJARAH SINGKAT UNHALU

Universitas Haluoleo (Unhol/UNH) didirikan pada tahun 1964 sebagai perguruan tinggi swasta filial dari Universitas Hasanuddin Makassar. Setelah tujuh belas tahun berselang, Universitas Haluoleo diresmikan sebagai perguruan tinggi negeri pertama di Sulawesi Tenggara oleh Dirjen Pendidikan Tinggi; Prof. Dr. Doddy Tisnaamidjaja mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang masa itu dijabat oleh Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada tangggal 19 Agustus 1981 sebagai perguruan tinggi negeri ke 42 di Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 tahun 1981 yang terdiri dari:
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Fakultas Pertanian.
Ketika diresmikan, Universitas Haluoleo menempati kampus Kemaraya yang arealnya hanya seluas 7 Ha. Kondisi kampus yang relatif sempit ini mengharuskan para pendiri untuk mencari kampus alternatif sekaligus sebagai perluasan daya tampung`dan mengantisipasi pertambahan fakultas. Seiring dengan itu, kepercayaan masyarakat pun semakin besar terhadap Universitas Haluoleo, kendati hanya didukung oleh 17 orang tenaga dosen tetap.
Setelah dua tahun diresmikan, dimulailah pembangunan kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu yang menempati areal 250 Ha, yang ketika itu berada di pinggiran Kota Kendari, berjarak 14 kilometer dari pelabuhan laut Teluk Kendari. Setelah perluasan Kota Kendari, kampus Anduonohu saat ini berada di jantung kota. Bersamaan dengan itu, Senat Universitas Haluoleo menyhetujui singkatan Universitas Haluoleo berubah menjadi UNHALU.
Pembangunan kampus yang relatif luas ini membutuhkan waktu sekitar sepuluh tahun untuk merampungkan gedung perkulihan dan gedung perkantoran serta fasiltas penunjang lainnya. Menandai rampungnya pembangunan kampus Anduonoho ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro pada tanggal 4 April 1994 melakukan penandatanganan prasasti peresmian.
Menjelang penyelesaian pembangunan Kampus Anduonohu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menutup pengoperasian Sekolah Pendidikan Guru (SPG) dan Sekolah Guru Olahraga (SGO), sehingga semua fasilitas berikut tenaga pengajar dan karyawannya dialihkan ke Universitas Haluoleo. Sejak saat itu Universitas Haluoleo memiliki dua kampus perkuliahan utama, yakni; Kampus Kemaraya dan Kampus Anduonohu, ditambah dua kampus pendukung perkuliahan bekas SPG dengan luas areal 4 ha dan 3 ha bekas SGO.
Sebagai Perguruan Tinggi terkemuka di jazirah tenggara Pulau Sulawesi, Universitas Haluoleo secara aktif memberi sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan 1528 desa, 67 kecamatan, 4 kabupaten, 2 Kotamadya dan 1 Kota Administratif yang ada di wilayah ini. Termasuk pertumbuhan penduduk Sulawesi Tenggara yang mencapai 2,72% per tahun, jauh di atas pertumbuhan rata-rata penduduk nasional yakni; 1,92. Saat ini penduduk Sulawesi Tenggara berjumlah 1,72 juta jiwa yang sebagian besar bermukim di pedesaan.
Kata “Haluoleo” diambil dari nama salah seorang raja pada Kerajaan Konawe yang hidup sekitar abad tujuh belas. Haluoleo selain dikenal sebagai pemimpin yang bijak, diyakini pula sebagai ksatria yang tak kenal menyerah dan gigih membela tumpah darahnya. Secara harfiah Haluoleo berarti delapan hari dalam bahasa Tolaki – bahasa penduduk asli Kerajaan Konawe yang mendiami Kendari.

LAMBANG UNIVERSITAS

Lambang Universitas Haluoleo berbentuk melati segi lima dengan ukuran lipatan luar 120 x dari titik pusat, ukuran lipatan dalam 92 x dari titik pusat, dengan kata lain besar ukuran lipatan adalah 120 x - 92 x = 28 x (x = variabel), yang berisi buku, obor yang menyala, delapan pancaran dan lingkaran rotan dengan tulisan Universitas terletak pada bagian atas dan Haluoleo terletak pada bagian bawah.
Lambang Universitas Haluoleo tersebut adalah hasil Musyawarah Senat Universitas pada tanggal 7 September 1989 berdasarkan hasil sayembara tahun 1989 dan setelah disahkan oleh Senat Universitas pada tanggal 9 Agustus 1991 ditetapkan mulai berlaku pada tanggal 1 September 1991 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 137/SK/42.H/U/1991, tanggal 1 September 1991.
Makna Lambang Universitas Haluoleo tersebut adalah sebagai berikut :
Buku yang terbuka : Melambangkan prinsip keterbukaan dan pengabdian yang bersumber pada ilmu amaliah dan amal-ilmiah;
Obor yang menyala : Melambangkan pancaran ilmu pengetahuan yang menerangi kehidupan serta meningkatkan harkat dan martabat manusia;
Delapan pancaran : Melambangkan mitos kepahlawanan Haluoleo yang mempersatukan dan memakmurkan kedelapan penjuru wilayah Sulawesi Tenggara;
Lingkaran rotan : Sebagai perlambang “Kalo” di Sulawesi Tenggara dan “Rantai” yang melambangkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia;
Warna Hitam : Melambangkan kemantapan dan keteguhan;
Warna merah/kuning kemerah-merahan : Melambangkan semangat dan keberanian dalam membela kebenaran;
Warna biru : Melambangkan keluasan wawasan;
Warna putih : Melambangkan kesucian dan kesuluhan budi pekerti;
Warna kuning emas : Melambangkan kedewasaan dan keagungan.

LAGU UNIVERSITAS

Hymne Universitas Haluoleo adalah Universitas Haluoleo, diciptakan oleh Drs. V. Simanjuntak, yang diperdengarkan sebagai lagu resmi pada upacara-upacara resmi universitas.
Mars Universitas Haluoleo menggunakan syair yang diciptakan oleh Prof. H. Eddy Agussalim Mokodompit, M.A. dengan aransemen oleh Stevanus Lenohingide, sebagai lagu resmi universitas sesudah Hymne.
Hymne dan Mars ditetapkan dengan Keputusan Rektor, tanggal 7 September 1989 dan dinyanyikan pada upacara resmi universitas.



0 komentar:


(Ki) Aku/Rio dan (Ka) Gede